Jumat, 19 Mei 2017

PEMBERKASAN TPG PNS PAI KAB. BANYUMAS BULAN JANUARI - JUNI 2017 (MOHON PERHATIAN : APLIKASI YANG DIPAKAI ADALAH APLIKASI YANG ADA DI BUTIR KE-3 INFO PEMBERKASAN INI SEDANGKAN YANG BUTIR KE-6 UNTUK ALTERNATIF DATA SUMBER INPUT DATA INDUK APLIKASI YANG BARU, UNDUH-CETAK-BACA PETUNJUK PEMAKAIAN PADA BUTIR KE-4 AGAR ISIAN DATA EFEKTIF&EFISIEN)

1. Berkas yang harus dipenuhi oleh GPAI PNS PAI Kab. Banyumas :
    Catatan : seluruh dokumen fotokopi yang ada ketentuan legalisasi adalah legalisasi basah,
                   bukan hasil fotokopi berwarna atau print out scan berwarna. Laporan Realisasi Kegiatan
                   Belajar Mengajar/kegiatan kedinasan lainnya form isiannya terintegrasi dengan form
                   Daftar Hadir yang ada di AplikasiPemberkasanTPGPAIBmsrev1. Prinsip pemenuhan
                   beban kerja : JTM per minggu pada SKPBM = Jadwal Pelajaran = SKMT Simpatika
                   Online = Daftar Hadir dalam minggu yang tidak terpotong bulan sebelumnya atau
                   sesudahnya. Untuk pengisian total beban kerja pada Surat Pernyataan harus sama dengan
                   total beban kerja pada Lampiran SKBK Simpatika Online.

NO
URAIAN (berkas harus urut nomor 1 paling atas dan seterusnya ke bawah)
1
Cover Berkas sebanyak 1 lembar
2
Cek list berkas persyaratan pencairan tunjangan profesi guru PNS PAI
3
Asli Daftar Hadir dan Laporan Realisasi Kegiatan Belajar Mengajar/kegiatan kedinasan lainnya per bulan ditandatangani GPAI bersangkutan dan diketahui Kepala Sekolah bersangkutan dengan urutan paling atas bulan Januari dan seterusnya ke bawah (untuk pemberkasan TPG Semester Genap) dan bulan Juli dan seterusnya ke bawah (untuk pemberkasan Semester Gasal)
4
Asli Surat Keterangan Beban Kerja (SKBK) print out SIMPATIKA ONLINE sebanyak 1 lembar (diurus oleh Seksi PAIS)
5
Asli Surat Ajuan Penerbitan SKBK print out SIMPATIKA ONLINE (S29d) ditandatangani oleh GPAI bersangkutan sebanyak 1 lembar
6
Asli Analisa Sementara Perhitungan Kelayakan Penerima Tunjangan (Lampiran SKBK) print out SIMPATIKA ONLINE sebanyak 1 set
7
Fotokopi Rangkuman Penilaian Kinerja Guru (PKG) semester/tahun sebelumnya dilegalisasi Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang sebanyak 1 set
8
Asli Surat Permohonan Dispensasi Kelayakan Tunjangan ditandatangani oleh GPAI bersangkutan diketahui Kepala Sekolah Pangkalan sebanyak 1 lembar khusus bagi GPAI yang tidak dapat mencetak S26e
9
Asli Surat Keterangan Melaksanakan Tugas Pembelajaran/Bimbingan dan Tugas Tertentu (SKMT) di Sekolah Kemdikbud print out SIMPATIKA ONLINE (S29c) Sekolah Pangkalan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan diketahui Pengawas PAI dan Asli Rekap Hasil Penilaian berkop surat Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI (Lampiran S29c) print out SIMPATIKA ONLINE ditandatangani GPAI bersangkutan, Pengawas PAI, dan Kepala Sekolah Pangkalan GPAI bersangkutan sebanyak 1 set
10
Asli Rekap Hasil Penilaian berkop surat Sekolah Pangkalan GPAI bersangkutan (Lampiran S29c) print out SIMPATIKA ONLINE ditandatangani GPAI bersangkutan, Pengawas PAI, dan Kepala Sekolah Pangkalan GPAI bersangkutan sebanyak 1 set
11
Fotokopi MoU Sekolah Pangkalan dan Ampuan atau Surat Tugas Ampuan dari Kepala UPK bersangkutan dilegalisasi Kepala Sekolah Pangkalan bagi yang mengampu Mapel PAI di sekolah lain sebanyak 1 set
12
Asli Surat Keterangan Melaksanakan Tugas Pembelajaran/Bimbingan dan Tugas Tertentu (SKMT) di Sekolah Kemdikbud print out SIMPATIKA ONLINE (S29c) Sekolah Ampuan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan diketahui Pengawas PAI dan Asli Rekap Hasil Penilaian berkop surat Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI (Lampiran S29c) print out SIMPATIKA ONLINE ditandatangani GPAI bersangkutan, Pengawas PAI, dan Kepala Sekolah Ampuan GPAI bersangkutan sebanyak 1 set (bagi yang mengampu)
13
Asli Rekap Hasil Penilaian berkop surat Sekolah Pangkalan GPAI bersangkutan (Lampiran S29c) print out SIMPATIKA ONLINE ditandatangani GPAI bersangkutan, Pengawas PAI, dan Kepala Sekolah Ampuan GPAI bersangkutan sebanyak 1 lembar (bagi yang mengampu)
14
Asli Surat Penetapan Nomor Registrasi Guru/NRG (S26e) atau S26a atau S26b2 atau S26b3 atau S26b4 atau S26b5 print out SIMPATIKA ONLINE sebanyak 1 lembar
15
Asli Kartu Identitas PTK print out SIMPATIKA ONLINE sebanyak 1 lembar (kertas tidak dipotong)
16
Fotokopi SK Pembagian Beban Mengajar (SKPBM) tahun pelajaran dalam periode pencairan TPG dilegalisasi Kepala Sekolah sebanyak 1 set
17
Fotokopi Jadwal Pelajaran dan Jadwal Ekstrakurikuler (bagi yang membina ekstrakurikuler) pada tahun pelajaran dalam periode pencairan TPG dilegalisasi Kepala Sekolah sebanyak 1 set
18
Asli Surat Pernyataan bermaterai Rp 6.000,- ditandatangani oleh GPAI bersangkutan sebanyak 1 lembar
19
Fotokopi Daftar Gaji bulan Januari tahun berkenaan dilegalisasi Kepala Sekolah Pangkalan sebanyak 1 set
20
Khusus untuk GPAI PNS Golongan II menyertakan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah Pangkalan diketahui oleh Kepala UPK setempat yang intinya menerangkan GPAI bersangkutan sedang dalam proses penyesuaian golongan/ruang di Dinas Pendidikan dan/atau Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Banyumas sebanyak 1 lembar
21
Fotokopi Rekening Tabungan sebanyak 1 lembar (sekali dan berlaku selama GPAI bersangkutan melakukan pemberkasan TPG kecuali ada perubahan)
22
Fotokopi SK pejabat berwenang terkait Tugas Tambahan GPAI bersangkutan sebagai Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah/Kepala Perpustakaan/Kepala Laboratorium/Wali Kelas dilegalisasi pejabat yang berwenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebanyak 1 set (sekali dan berlaku selama GPAI bersangkutan melakukan pemberkasan TPG kecuali ada perubahan)
23
Dokumen program bagi GPAI yang mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah/Kepala Perpustakaan/Kepala Laboratorium diketahui Kepala Sekolah sebanyak 1 set (kecuali ada perubahan)
24
Fotokopi SK Kenaikan Pangkat terakhir dilegalisasi oleh pejabat berwenang sesuai peraturan perundang-undangan sebanyak 1 lembar (sekali dan berlaku selama GPAI bersangkutan melakukan pemberkasan TPG kecuali ada perubahan)
25
Fotokopi Ijazah terakhir dilegalisasi pejabat berwenang dari Perguruan Tinggi yang menerbitkan Ijazah sebanyak 1 lembar (sekali dan berlaku selama GPAI bersangkutan melakukan pemberkasan TPG kecuali ada perubahan)
26
Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilegalisasi Kepala Sekolah sebanyak 1 lembar (sekali dan berlaku selama GPAI bersangkutan melakukan pemberkasan TPG)
27
Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dilegalisasi Kepala Sekolah sebanyak 1 lembar (sekali dan berlaku selama GPAI bersangkutan melakukan pemberkasan TPG)
28
Fotokopi SK Dirjen Pendidikan Islam yang lampirannya memuat nama GPAI bersangkutan dan nama GPAI bersangkutan diberi warna latar sebanyak 1 set (sekali dan berlaku selama GPAI bersangkutan melakukan pemberkasan TPG)
29
Fotokopi Sertifikat Pendidik dilegalisasi pejabat berwenang dari LPTK yang menerbitkan Sertifikat Pendidik sebanyak 1 lembar (sekali dan berlaku selama GPAI bersangkutan melakukan pemberkasan TPG)


2. Contoh dokumen print out SIMPATIKA ONLINE yang disertakan dalam pemberkasan :
    a. Surat Ajuan Penerbitan SKBK dapat diunduh DI SINI
    b. Lampiran SKBK (Analisa Sementara Kelayakan Tunjangan) dapat diunduh DI SINI
    c. SKMT & Lampirannya berkop surat Ditjen Pendis (pada Sekolah Pangkalan) dapat diunduh
        DI SINI
    d. Lampiran SKMT berkop surat Sekolah Pangkalan dapat diunduh DI SINI
    e. SKMT & Lampirannya berkop surat Ditjen Pendis (pada Sekolah Ampuan) dapat diunduh
        DI SINI
    f.  Lampiran SKMT berkop surat Sekolah Ampuan dapat diunduh DI SINI
    g. Surat Penetapan NRG (S26e) dapat diunduh DI SINI
     i. Kartu NUPTK dapat diunduh DI SINI

3. Untuk input data dan cetak Daftar Hadir, Surat Pernyataan, Ceklist, Cover, dan setting berkas
     secara keseluruhan, GPAI PNS Kab. Banyumas menggunakan aplikasi pemberkasan sbb. (pilih
     salah satu yang sesuai - maksud dibuatkan berbagai versi diharapkan lebih mempercepat
     proses pemberkasan) :
     a. AplikasiPemberkasanTPGPAIBmsrev1-versiPAIPangkalansaja dapat diunduh DI SINI
     b. AplikasiPemberkasanTPGPAIBmsrev1-versidgAmpuan dapat diunduh DI SINI
     c. AplikasiPemberkasanTPGPAIBmsrev1-versidgEkskul dapat diunduh DI SINI
     d. AplikasiPemberkasanTPGPAIBmsrev1-versidgTugasTambahan dapat diunduh DI SINI
     Setelah berhasil diunduh, file aplikasi harap diubah namanya (rename) dengan cara ditambah
     dengan nama GPAI bersangkutan karena masing-masing GPAI harus memiliki softcopy
     aplikasi untuk diserahkan bersamaan dengan penyerahan hardcopy (hasil cetakan) berkas
     TPG (Contoh penamaan file : AplikasiPemberkasanTPGPAIBmsrev1-versiPAIPangkalansaja-
      AkhSumeri). Pembeda dari aplikasi tersebut adalah masing-masing aplikasi telah diberi
      contoh input data GPAI salah satu GPAI di Kab. Banyumas untuk masing-masing versi
      sehingga diharapkan GPAI yang lain tinggal edit sesuai data masing-masing.

4. Petunjuk pemakaian AplikasiPemberkasanTPGPAIBmsrev1 dapat diunduh DI SINI. Setelah
    diunduh harap dicetak, dibaca dengan teliti untuk panduan pemakaian aplikasi.

5. Untuk mengedit nomor urut berkas, harap menggunakan nomor urut pada tabel data yang dapat
     diunduh DI SINI. Setelah diunduh sebaiknya dicetak untuk melihat nomor urut daftar
     GPAI yang juga dijadikan nomor urut berkas TPG, selain itu juga ada data GPAI sesuai
     SK Dirjen Pendis-nya, adapun SK Dirjen Pendis juga dapat diunduh di blog PAIS ini.

6. Untuk mengisi Daftar Hadir pada aplikasi, dapat menggunakan panduan contoh sbb. :
     1a. contoh isian daftar hadir Januari 2017-PAIPangkalansaja dapat diunduh DI SINI
     1b. contoh isian daftar hadir Januari 2017-GPAI di Sekolah Pangkalan dapat diunduh DI SINI
     1c. contoh isian daftar hadir Januari 2017-GPAI di Sekolah Ampuan dapat diunduh DI SINI
     1d. contoh isian daftar hadir Januari 2017-GPAI dengan ekstrakurikuler dapat diunduh DI SINI
     1e. contoh isian daftar hadir Januari 2017-GPAI dg Tugas Tambahan dapat diunduh DI SINI
     2a. contoh isian daftar hadir Februari 2017-PAIPangkalansaja dapat diunduh DI SINI
     2b. contoh isian daftar hadir Februari 2017-GPAI di Sekolah Pangkalan dapat diunduh DI SINI
     2c. contoh isian daftar hadir Februari 2017-GPAI di Sekolah Ampuan dapat diunduh DI SINI
     2d. contoh isian daftar hadir Februari 2017-GPAI dengan ekstrakurikuler dapat diunduh DI SINI
     2e. contoh isian daftar hadir Februari 2017-GPAI dg Tugas Tambahan dapat diunduh DI SINI
     3a. contoh isian daftar hadir Maret 2017-PAIPangkalansaja dapat diunduh DI SINI
     3b. contoh isian daftar hadir Maret 2017-GPAI di Sekolah Pangkalan dapat diunduh DI SINI
     3c. contoh isian daftar hadir Maret 2017-GPAI di Sekolah Ampuan dapat diunduh DI SINI
     3d. contoh isian daftar hadir Maret 2017-GPAI dengan ekstrakurikuler dapat diunduh DI SINI
     3e. contoh isian daftar hadir Maret 2017-GPAI dg Tugas Tambahan dapat diunduh DI SINI

 
6. Aplikasi sebagaimana diuraikan pada butir 3 di atas untuk input data induknya sebenarnya dapat
    dilakukan input ulang, namun dapat juga dengan cara copy - paste values dari aplikasi
    pemberkasan TPG semester sebelumnya (Juli - Desember 2016) sebagai data sumber,yang
    dapat diunduh pada folder sbb. (pilih yang sesuai) :
     1) GPAISDKecAjibarang
     2) GPAISDKecBanyumas
     3) GPAISDKecBaturraden
     4) GPAISDKecCilongok
     5) GPAISDKecGumelar
     6) GPAISDKecJatilawang
     7) GPAISDKecKalibagor
     8) GPAISDKecKaranglewas
     9) GPAISDKecKebasen
   10) GPAISDKecKedungbanteng
   11) GPAISDKecKembaran
   12) GPAISDKecKemranjen
   13) GPAISDKecLumbir
   14) GPAISDKecPatikraja
   15) GPAISDKecPekuncen
   16) GPAISDKecPurwojati
   17) GPAISDKecPurwokertoBarat
   18) GPAISDKecPurwokertoSelatan
   19) GPAISDKecPurwokertoTimur
   20) GPAISDKecPurwokertoUtara
   21) GPAISDKecRawalo
   22) GPAISDKecSokaraja
   23) GPAISDKecSomagede
   24) GPAISDKecSumbang
   25) GPAISDKecSumpiuh
   26) GPAISDKecTambak
   27) GPAISDKecWangon
   28) GPAISMPSubrayon1
   29) GPAISMPSubrayon2
   30) GPAISMPSubrayon3
   31) GPAISMPSubrayon4
   32) GPAISMPSubrayon5
   33) GPAISMPSubrayon6
   34) GPAISMPSubrayon7
   35) GPAISMAKabBanyumas
   36) GPAISMKKabBanyumas

7. Setelah aplikasi diinput dan dicetak, susun berkas sesuai urutan pada ceklist.

8. Berkas disusun dalam 2 rangkap dengan masing-masing rangkap sesuai ketentuan sebagaimana
    diuraikan dan diurutkan pada ceklist (yang harusnya asli juga harus asli, yang fotokopi juga
    sesuai ketentuan pada ceklist, jumlah berkas juga harus yang sama).

9. Satu rangkap berkas dimasukkan ke map snelhechter plastik sesuai ketentuan :
     a. Berkas GPAI PNS SD dimasukkan ke map warna merah
     b. Berkas GPAI PNS SMP dimasukkan ke map warna biru
     c. Berkas GPAI PNS SMA dimasukkan ke map warna abu-abu
     d. Berkas GPAI PNS SMA dimasukkan ke map warna kuning-kuning

10.Satu rangkap lagi dimasukkan ke ordner yang bentuk barangnya seperti ini→
      Ordner ini untuk menyimpan berkas TPG masing-masing guru
      (bukan untuk menyimpan secara kolektif per kecamatan/subrayon/
       kabupaten)
   
11. Ordner diberi label dimasukkan ke bagian samping yang format labelnya
      dapat diunduh DI SINI

12. Kedua rangkap berkas TPG PNS PAI tersebut setelah lengkap dan benar
      dibawa ke Seksi PAIS paling lambat hari Jum'at tgl 26 Mei 2017. Softcopy
     Aplikasi masing-masing GPAI juga harus diserahkan bersamaan dengan
      berkas TPG untuk mempercepat proses verifikasi berkas.

13.Tempat ordner sedang disiapkan di Seksi PAIS, berkas yang dibawa dengan
      ordner akan digabung dengan berkas TPG semester-semester sebelumnya
      mulai adanya Seksi PAIS pada tahun 2013 sehingga arsip TPG tersimpan
      rapi dan mudah ditemukan jika sewaktu-waktu diperlukan. Adapun
      yang dimasukkan ke map snelhechter untuk input data pencairan dan
      persiapan pertanggungjawaban jika sewaktu-waktu auditor internal maupun eksternal
      memerlukan dokumen pengawasan.

14.Untuk pemberkasan TPG selanjutnya, perhatikan susunan berkas sebagaimana terurai pada tabel
      ketentuan pemberkasan butir 1 di atas :
      a) jika masih dalam periode pemberkasan semester tertentu misalnya pemberkasan Januari s/d
          Juni 2017 yang sudah dicairkan Bulan Januari-Maret 2017 maka berkas yang selanjutnya
          dikumpulkan hanya Daftar Hadir bulan April 2017 atau April - Juni 2017 dengan cara
          berkas Daftar Hadir itu disetting per bulan, dilubangi dengan perforator kemudian
          dimasukkan masing-masing ke ordner dan map snelhechter yang ada di Seksi PAIS.
      b)jika masuk ke semester selanjutnya maka yang dikumpulkan adalah nomor urut 1 s/d 18, nomor
          19 tidak perlu dikumpulkan kembali, nomor 20 bagi GPAI Golongan II harus memperbarui
          Surat Keterangan sedang proses penyesuaian golongan/ruang per semester, nomor urut 21
           tidak perlu mengumpulkan kembali,  nomor urut 22 dan 23  jika masih mendapat tugas       
           tambahan maka tidak perlu mengumpulkan kembali fotokopi SK Pengangkatan dalam
           jabatan tetapi untuk Dokumen Program berkaitan tugas tambahan bisa mengumpulkan
           kembali karena mungkin terjadi perubahan program karena perubahan tahun pelajaran.
           Nomor urut 24 sampai 29 jika tidak ada perubahan tidak perlu mengumpulkan kembali
           Dokumen yang diserahkan tersebut disusun dalam 2 rangkap, masing-masing
           dimasukkan ke ordner dan map snelhechter plastik yang sudah ada di Seksi PAIS sehingga
           cukup memakai map snelhechter dan ordner yang sama untuk melakukan pemberkasan
           selanjutnya kecuali ada kerusakan pada map snelhechter dan/atau ordner yang ada di
           Seksi PAIS.

15. Sementara yang direncanakan akan dicairkan jika memenuhi syarat adalah periode
     Januari s/d Maret 2017 terlebih dahulu. Untuk bulan berikutnya akan dilihat perkembangan
     verifikasi berkas yang menggunakan print out SIMPATIKA Online dan aplikasi terbaru.

16.Semoga Bapak/Ibu GPAI PNS bersertifikat pendidik dapat menyusun pemberkasan TPG
     sesuai ketentuan sehingga diharapkan mempercepat proses verifikasi dan pencairan.

17. Aplikasi yang kami susun bersumber dari Juknis TPG 2017 yang dapat diunduh DI SINI

18.Untuk GPAI Non PNS Kab. Banyumas mohon bersabar, pemberkasan TPG Non PNS Januari
      sampai Juni 2017 segera menyusul.

      Purwokerto, 19 Mei 2017
      Kasi PAIS

      Purwanto Hendro Puspito