Sabtu, 10 September 2016

PEMBERKASAN TPG PNS SEMESTER GASAL TH 2016/2017 (JULI - DESEMBER 2016) PAIS BANYUMAS

NB. Jika setelah mengunduh aplikasi ada menu yang belum bisa diakses, silakan unduh lagi karena memang sebelumnya ada beberapa sel yang masih terkunci, mohon maaf dan maklum. Pada menu Isian DATA, ada 3 sel dikunci sehingga tidak dapat dihapus, jika mau menghapus semua data di kolom C, blok sel kolom C - delete dikecualikan untuk sel C25, C28 dan C45. Mengingat setting printer terkadang berbeda, jika setelah di print preview ada dokumen yang terpotong, silakan atur margin kertas di menu excel Page Layout - Page Setup - Custom Margin. Mohon kepada pengurus KKG/MGMP untuk mengingatkan anggotanya jika akan melakukan pemberkasan pencairan TPG wajib memakai AplikasiTPGPNSGasal_PaisBanyumas karena untuk tujuan keseragaman, efektivitas dan efisiensi verifikasi dokumen, aplikasi ini telah dikreasi sedemikian rupa dalam hal format surat, jenis huruf, ukuran huruf, tata letak dan sebagainya, jika GPAI tetap memakai aplikasi pemberkasan selain AplikasiTPGPNSGasal_PaisBanyumas, mohon maaf berkas akan dikembalikan.

  1. Aplikasi Pemberkasan Tunjangan Profesi Guru PNS Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017 (periode Bulan Juli – Desember 2016) bagi Guru PAI Kab. Banyumas selanjutnya disebut AplikasiTPGPNSGasal_PaisBanyumas dapat diunduh DI SINI.
  2.  Aplikasi ini menggantikan aplikasi yang lama sehingga GPAI Kab. Banyumas WAJIB memakai AplikasiTPGPNSGasal_PaisBanyumas.
  3.  Sebaiknya Petunjuk Aplikasi di sebelah kanan tombol menu aplikasi dicetak, dibaca, dipahami, dan dipraktekkan.
  4.  GPAI PNS Kab. Banyumas cukup mengisi menu Isian DATA dan Daftar Hadir. Sumber data bisa dengan klik tombol menu Referensi, di dalamnya ada data yang bisa di-copy kemudian di-paste values pada form di menu Isian DATA. Menu REFERENSI dapat diedit untuk mengoreksi data. Jika isian data lengkap dan benar maka SKBK, SKMT, Surat Pernyataan, CEK LIST, dan COVER Berkas akan terisi otomatis, tinggal dicetak.
  5. Aplikasi disetting memakai kertas ukuran A4 (quarto), jika dicetak menggunakan ukuran F4 (folio) maka agar tampilannya serasi terutama untuk mencetak SKMT yang memerlukan kertas berkop sekolah dan mencetak COVER, file aplikasi masih bisa diedit dengan cara Insert Row atau Delete Row.
  6.  Untuk mengisi Daftar Hadir, silakan masuk menu Petunjuk&Contoh Isian Daftar Hadir, cetak dokumennya sebagai panduan.
  7.  pada AplikasiTPGPNSGasal_PaisBanyumas yang diunggah, pada menu Isian DATA sudah terisi salah satu GPAI sebagai contoh isian aplikasi, untuk GPAI yang lain dapat menghapus form yang telah terisi data GPAI tersebut namun ada beberapa baris form isian dengan panduan “rumus jangan diedit” telah kami kunci sehingga yang bisa dihapus adalah baris yang lain di kolom tersebut (kolom C menu Isian DATA).
  8.  Berkas dibuat dalam 2 rangkap sesuai uraian pada CEK LIST, masing-masing dimasukkan ke map snelhechter plastik (merah = GPAI SD, biru = GPAI SMP, abu-abu = GPAI SMA, kuning = GPAI SMK), ditandatangani oleh GPAI yang bersangkutan dan para pihak yang berkaitan dan distempel.  SKBK, SKMT, Surat Pernyataan, CEK LIST, COVER sebaiknya asli agar saling bisa mem-back up dokumen.
  9.  Urutan berkas WAJIB mengikuti urutan pada CEK LIST, jika tidak sesuai maka berkas akan dikembalikan untuk diperbaiki.
  10.  Fotokopi Daftar Gaji yang dikumpulkan adalah bulan Juli dan Agustus 2016 sedangkan asli Daftar Hadir juga bulan Juli dan Agustus 2016.
  11.  Satu berkas yang disimpan sebagai arsip oleh masing-masing GPAI ditambah dengan print out absensi finger print (bagi sekolah yang sudah menerapkan)
  12.  Satu berkas lainnya tanpa ditambah print out absensi finger print  dikirim ke Seksi PAIS Kantor Kemenag Kab. Banyumas melalui pengurus MGMP/KKG paling lambat tgl. 23 September 2016.
  13.  Untuk pemberkasan dengan menggunakan aplikasi SIMPATIKA belum ada petunjuk dari instansi vertikal Kemenag sehingga pemberkasan menggunakan aplikasi dari PAIS Banyumas.
  14.  Untuk GPAI Non PNS aplikasi sedang disusun, insya Alloh segera diunggah di blog ini.
 Purwokerto, 8 September 2016


Kasi PAIS



ttd



Purwanto Hendro Puspito