Rabu, 11 Juli 2018

PENCAIRAN TPG PAIS BANYUMAS MULAI APRIL 2018 DAN PERTANGGUNGJAWABAN BULAN JANUARI-MARET 2018

Assalamu'alaikum wr.wb.

Kami sampaikan beberapa hal terkait pencairan Tunjangan Profesi  Guru PAI Kab. Banyumas periode Bulan Januari sampai dengan Juni 2018 :

  • Di bawah ini  kami sajikan link download aplikasi TPG PAIS Banyumas. Pilih yang sesuai. Untuk menjaga privasi, folder kami beri password.
  1.    AplikasiTPG-KKGKecAjibarang
  2.    AplikasiTPG-KKGKecBanyumas
  3.    AplikasiTPG-KKGKecBaturraden
  4.    AplikasiTPG-KKGKecCilongok
  5.    AplikasiTPG-KKGKecGumelar
  6.    AplikasiTPG-KKGKecJatilawang
  7.    AplikasiTPG-KKGKecKalibagor
  8.    AplikasiTPG-KKGKecKaranglewas
  9.    AplikasiTPG-KKGKecKebasen
  10.    AplikasiTPG-KKGKecKedungbanteng
  11.    AplikasiTPG-KKGKecKembaran
  12.    AplikasiTPG-KKGKecKemranjen
  13.    AplikasiTPG-KKGKecLumbir
  14.    AplikasiTPG-KKGKecPatikraja
  15.    AplikasiTPG-KKGKecPekuncen
  16.    AplikasiTPG-KKGKecPurwojati
  17.    AplikasiTPG-KKGKecPurwokertoBarat
  18.    AplikasiTPG-KKGKecPurwokertoSelatan
  19.    AplikasiTPG-KKGKecPurwokertoTimur
  20.    AplikasiTPG-KKGKecPurwokertoUtara
  21.    AplikasiTPG-KKGKecRawalo
  22.    AplikasiTPG-KKGKecSokaraja
  23.    AplikasiTPG-KKGKecSomagede
  24.    AplikasiTPG-KKGKecSumbang
  25.    AplikasiTPG-KKGKecSumpiuh
  26.    AplikasiTPG-KKGKecTambak
  27.    AplikasiTPG-KKGKecWangon
  28.    AplikasiTPG-MGMPSMPSubrayon1
  29.    AplikasiTPG-MGMPSMPSubrayon2
  30.    AplikasiTPG-MGMPSMPSubrayon3
  31.    AplikasiTPG-MGMPSMPSubrayon4
  32.    AplikasiTPG-MGMPSMPSubrayon5
  33.    AplikasiTPG-MGMPSMPSubrayon6
  34.    AplikasiTPG-MGMPSMPSubrayon7
  35.    AplikasiTPG-MGMPSMAKabupaten
  36.    AplikasiTPG-MGMPSMKKabupaten
  37.    AplikasiTPG-FKGTKKabupaten
  38.    AplikasiTPG-PengawasPAI

  • Untuk membuka folder yang telah ter-download diperlukan password yang kami kirim ke Pengurus KKG Kecamatan dan Operator SIMPATIKA untuk GPAI SD, ke Pengurus MGMP SMP Subrayon dan Operator SIMPATIKA untuk GPAI SMP, ke Pengurus MGMP SMA/SMK Kabupaten dan Operator SIMPATIKA untuk GPAI SMA/SMK, ke Dwi Darwati untuk GPAI TK, dan ke Siti Nurhidayati untuk Pengawas PAI.
  • Aplikasi TPG PAIS Banyumas berisi dokumen pertanggungjawaban TPG yang telah dicairkan dan permohonan pembayaran/pencairan bulan April 2018 dan selanjutnya. Dokumen pertanggungjawaban pencairan TPG Periode bulan Januari s.d. Maret 2018 terdiri dari Folder berisi S29e format pdf (SKBK SIMPATIKA), file Surat Permohonan Pembayaran TPG Bulan Januari s.d. Maret 2018 format Microsoft Word, Lampiran Surat Permohonan Pembayaran TPG Bulan Januari s.d. Maret 2018 format pdf dan Daftar Perhitungan Pembayaran Bulan Januari s.d. Maret 2018 format pdf. S29e tinggal dicetak (bagi yang tidak ada file S29e-nya berarti SKBK-nya secara manual dan akan dicetak oleh Seksi PAIS), Surat Permohonan Pembayaran TPG Bulan Januari s.d. Maret 2018 berformat Word tinggal diberi Kop Surat organisasi (KKG Kecamatan / MGMP SMP Subrayon / MGMP SMA Kabupaten / MGMP SMK Kabupaten / FKG Kabupaten / Pokjawas), diberi nomor surat organisasi dan tanggal surat (bebas yang penting bukan hari libur di bulan April 2018 sebelum tanggal 19 April 2018 dan boleh ditulis tangan setelah dicetak), ditandatangani dan distempel organisasi. Adapun lampiran surat permohonan berformat pdf tinggal dicetak, diberi nomor surat dan tanggal surat sesuai Surat Permohonan, ditandatangani Ketua dan distempel organisasi. Daftar Perhitungan Pembayaran dicetak, ditandatangani pada tempat yang disediakan oleh masing-masing Guru / Pengawas PAI, dilampiri dengan fotokopi rekening tabungan yang memuat identitas dan transaksi masuk TPG bulan Januari s.d. Maret 2018 (jika ketika Bapak/Ibu Guru/Pengawas membaca dan menandatangani dokumen menemui kejanggalan nominal yang diterima oleh Bapak/Ibu yang lain misalnya tidak sesuai besaran gaji pokok maka hal itu sudah dikoreksi dan terhadap kelebihan bayar yang mungkin tertera pada dokumen maka data kelebihan bayar tersebut terdapat pada dokumen pengembalian ke kas negara yang Seksi PAIS Banyumas simpan). Masing-masing dokumen dicetak 1 set, untuk S29e SIMPATIKA dimasukkan ke map snelhechter plastik masing-masing Guru/Pengawas PAI yang ada di Seksi PAIS Banyumas, sedangkan dokumen yang lain dimasukkan ke map snelhechter kertas (warna bebas tetapi dihindari pengait yang terbuat dari seng), diberi keterangan Identitas Dokumen pada sisi luar map. (Bagi yang telah mengumpulkan fotokopi rekening tabungan harap menyatukan dengan Daftar Perhitungan Pembayaran ketika mengumpulkan berkas).
  • Untuk Folder Surat Permohonan Pembayaran TPG bulan April sampai dengan Juni 2018 dan lampirannya terdiri dari file Surat Permohonan Pembayaran berformat Word dan lampiran berformat Excel. Isi dulu lampiran format Excel pada kolom Besarnya Tunjangan per bulan dengan input gaji pokok Bulan April 2018 (bukan total gaji kotor maupun total gaji bersih), kolom Jumlah Bulan telah diisi tetapi boleh diedit disesuaikan dengan Daftar Hadir (jika diedit maka Keterangan Bulan juga disesuaikan) maka kolom Jumlah  Tunjangan Profesi Guru dimintakan otomatis terisi. Untuk TPG Non PNS baik yang sudah maupun belum inpassing, besaran tunjangan per bulan telah diisi (tidak boleh diedit) tetapi jumlah bulan boleh diedit disesuaikan Daftar Hadir. Setelah diyakini input data valid, dokumen dicetak, ditandatangani oleh Ketua dan distempel organisasi, diberi nomor dan tanggal surat (boleh ditulis tangan) sesuai Surat Permohonan. Setelah diketahui total Tunjangan Profesi yang dimintakan dalam 1 Kelompok Guru/Pengawas, ketikkan jumlah tersebut pada Surat Permohonan yang tertulis Rp ...(daftar terlampir). Surat Permohonan diberi kop surat organisasi. Masing-masing dokumen dicetak 1 set dimasukkan ke map snelhechter kertas (warna bebas tetapi dihindari pengait yang terbuat dari seng), diberi keterangan Identitas Dokumen pada sisi luar map (dokumen ini terpisah dengan dokumen pertanggungjawaban Pencairan TPG Bulan Januari sampai dengan Maret 2018). Softcopy Surat Permohonan dan lampirannya juga diserahkan ke Seksi PAIS Banyumas bersamaan dengan dokumen cetaknya (hardcopy). Surat Permohonan April s.d. Juni 2018 diberi tanggal sebelum tanggal 18 di bulan Juli 2018 yang bukan hari libur.
  • Serahkan juga masing-masing 1 set fotokopi Daftar Gaji Bulan April sampai dengan Juni 2018 dilegalisir pejabat yang berwenang dengan catatan angka gaji pokok, tunjangan pajak (jika ada) dan gaji bersih harus jelas (jika tidak jelas harap konfirmasi ke Bendahara Sekolah untuk menentukan angka yang valid kemudian ditulis tangan di dekat angka yang tidak jelas diberi paraf oleh Bendahara Sekolah), untuk yang Non PNS menyerahkan struk gaji yang lengkap (sebisa mungkin yang juga memuat rincian sebagaimana daftar gaji yang diterima oleh guru PNS, jika tidak ada maka yang diserahkan struk gaji yang biasa diterima setiap bulannya) dan asli Daftar Hadir Bulan April sampai dengan Juni 2018 dengan isiannya disesuaikan dengan Kalender Pendidikan yang berlaku di masing-masing sekolah.
  • Untuk ketertiban pemrosesan dokumen, Seksi PAIS Banyumas hanya menerima dokumen yang diserahkan secara kolektif oleh Pengurus KKG Kecamatan / MGMP SMP Subrayon / MGMP SMA Kabupaten / MGMP SMK Kabupaten kecuali Guru PAI TK dan Pengawas PAI dapat menyerahkan secara individu.
  • Seksi PAIS Banyumas hanya akan memroses pencairan TPG terhadap Guru/Pengawas PAI yang telah lengkap memenuhi persyaratan mengacu pada kelompok guru/pengawas dan jenis tunjangan. Contoh : MGMP SMP Subrayon 1 menyerahkan berkas, ada salah satu Guru PAI PNS-nya yang belum lengkap maka seluruh Guru PNS PAI pada MGMP SMP Subrayon 1 akan ditunda pencairan Tunjangan Profesi Guru PNS-nya sampai seluruhnya  lengkap memenuhi persyaratan, sedangkan Guru Non PNS-nya jika seluruhnya telah lengkap memenuhi persyaratan maka tetap akan diproses pencairannya tanpa menunggu yang PNS melengkapi persyaratan. Termasuk dianggap lengkap jika telah memenuhi kewajiban mengembalikan kelebihan bayar terhadap pencairan TPG periode sebelumnya apabila ada.
  • S29e (SKBK) dicetak oleh masing-masing Guru/Pengawas PAI dan diserahkan secara kolektif oleh pengurus organisasi guru ke Seksi PAIS.
  • Surat Permohonan beserta lampirannya dan Daftar Perhitungan Pembayaran berlaku untuk 1 kelompok Guru/Pengawas misalnya untuk MGMP SMP Subrayon 1 (bukan dibuat dan dicetak oleh masing-masing Guru/Pengawas) sehingga yang diserahkan ke Seksi PAIS Banyumas cukup 1 set atau 1 lembar per kelompok dan per jenis tunjangan (Tunjangan Profesi Guru PNS/Tunjangan Profesi Guru Non PNS/Tunjangan Profesi Guru Non PNS inpassing).
  • Dokumen lengkap diharapkan diserahkan ke Seksi PAIS Banyumas paling lambat hari Selasa tanggal 17 Juli 2018.


Wassalamu'alaikum wr.wb.

Kasi PAIS

Purwanto Hendro Puspito